oleh

Kerap Sebabkan Banjir Lumpur, Ketua DPD RI Desak Proyek KIT Batang Dievaluasi

JAKARTA.OKEYBOZ.COM – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta agar proyek Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, dievaluasi. Sebab, proyek yang dibangun di atas alih fungsi lahan perkebunan karet itu kerap menyebabkan banjir lumpur.

Berdasarkan informasi yang diterima LaNyalla, sedikitnya sudah 15 kali terjadi banjir lumpur sejak proyek dibangun. Daerah yang paling merasakan imbasnya adalah Desa Kedawuh, Banyu Putih, Batang.

“Saya minta proyek ini dievaluasi terlebih dahulu, utamanya penyebab terjadinya banjir lumpur. Segera carikan jalan keluar agar masyarakat dan lingkungan sekitar tak dirugikan dengan proyek KIT Batang ini,” tutur LaNyalla, Sabtu (15/5/2021)

Menurut Mantan Ketua Umum PSSI itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah mengembalikan fungsi penyerapan air di sekitar kawasan proyek.

“Harus dilakukan analisa mendalam tentang faktor-faktor penyebab terjadinya banjir lumpur tersebut. Saya menduga daerah resapan air yang hilang adalah faktor penyebab terjadinya banjir lumpur,” tutur LaNyalla.

Jika dugaannya benar, Senator asal Jawa Timur itu mendesak agar penanggungjawab proyek KIT Batang segera membuat daerah resapan air di sekitar lokasi.

Baca Juga  Mensos RI Tri Rismaharini Kembali Cairkan Bansos PKH Rp6,53 Triliun di Bulan Ramadhan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *