oleh

Tiga Anggota DPRD Sawahlunto Bersinergi Berikan Dana Pokir Untuk Pemberdayaan Karang Taruna

OKEYBOZ.COM SAWAHLUNTO – Pokok-pokok pikiran DPRD yang lebih kita kenal dengan sebutan Pokir merupakan pikiran utama atau gagasan pokok yang disusun oleh DPRD terkait dengan kondisi umum daerah, isu-isu strategis, tema dan prioritas kebijakan anggaran pembangunan daerah yang nantinya ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah dalam bentuk program di APBD

Dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagai bagian dari lembaga penyelenggara Pemerintahan Daerah sesuai Pasal 1 angka 4 UU 23/2014 tentunya DPRD kabupaten/kota memiliki fungsi, tugas dan wewenang.

Dalam Pasal 149 ayat (1) UU 23/ 2014 dikatakan bahwa DPRD kabupaten/kota memiliki fungsi membentuk peraturan daerah kabupaten/kota, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan, kemudian di Pasal (104) salah satu sumpah/Janji Anggota DPRD adalah Bahwa saya akan memperjuangkan ASPIRASI RAKYAT yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan Bangsa dan NKRI

Kemudian juga dipertegas dengan Pasal (108) tentang Kewajiban Anggota DPRD, yaitu: butir (i) menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala; butir (j) menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat; dan butir (k) memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihannya.

Regulasi lain yang mengatur Pokir termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, pasal (54) yang menyebutkan Badan Anggaran DPRD mempunyai tugas dan wewenang memberikan saran dan pendapat berupa pokok pikiran DPRD kepada Kepala Daerah dalam mempersiapkan rancangan APBD sebelum Peraturan Kepala Daerah tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ditetapkan.

Dalam mengimplementasikan pokirnya untuk pemberdayaan generasi muda yang terlembaga, maka pada tahun 2021 ini 3 (tiga) orang anggota DPRD Kota Sawahlunto yaitu H. Afdal, Iwan Kurniawan dan Rio Mardanil melakukan kolaborasi dan sinergi serta bergotong-royong memberikan perhatiannya kepada lembaga kemasyarakatan generasi muda Karang Taruna Kota Sawahlunto melalui alokasi pokir sejumlah Rp. 125.000.000 yang pemanfaatannya disesuaikan dengan visi misi pembangunan Kota Sawahlunto kepemimpinan Deri Asta dan Zohirin Sayuti terutama terkait dengan sektor pengembangan SDM generasi muda dan penumbuhan kewirausahaan sosial generasi muda sebagai penunjang sektor ekonomi kerakyatan Kota.

Baca Juga  Perwakilan GM FKPPI Ikuti Seminar Bela Negara Bersama OKP dan Ormas Lainnya

Pokir yang diletakkan dalam program di Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Sawahlunto ini secara umum bentuk kegiatannya berupa bimbingan teknis bagi Karang Taruna Desa/Kelurahan se-Sawahlunto, pemberian bantuan bagi Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Karang Taruna yang telah tumbuh di tahun sebelumnya dan Study Karya Bakti Karang Taruna (SKBKT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *