oleh

Daffa Alifiansyah: Investasi Merupakan Faktor Penting Transformasi Ekonomi Bagi Indonesia Maju 2045

JAKARTA.OKEYBOZ.COM – Direktur Utama Warastika Group, Daffa Alifiansyah menyebut Masuknya investasi ke berbagai daerah di Indonesia merupakan salah satu faktor yang penting dalam sebuah langkah menerapkan yang namanya transformasi atau perubahan ekonomi guna menyelaraskan diri dengan konsep pemerintah untuk meraih Indonesia Maju 2045.

“Meletakkan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045 tentu harus ada transformasi ekonomi sebagai landasan untuk dapat dikatakan bahwa negara itu maju,” ujar Daffa Alifiansyah kepada Awak media pada Sabtu (26-12-2020)

Menurut Daffa, investasi menjadi suatu dinamika dan tantangan tersendiri karena pada masa pandemi COVID-19, hampir seluruh ekonomi di setiap negara mengalami resesi tidak terkecuali dengan kondisi yang dihadapi sejumlah negara sumber investasi terbesar di dunia seperti Amerika Serikat dan China.

Daffa mengingatkan bahwa aliran investasi asing atau global (FDI) mengalami penurunan 49 persen sepanjang semester I-2020, serta realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia pada periode Januari-September ternyata mengalami minus 5,1 persen YoY.

Daffa berpendapat bahwa untuk mencapai sasaran pertumbuhan ekonomi, dana pemerintah dan BUMN terbatas, sehingga pihak swasta juga memiliki peran penting dalam mendukung tercapainya target perekonomian.

“Namun, ketersediaan investasi masih terbatas. Dengan adanya COVID-19, terdapat penurunan FDI global 30-40 persen sehingga seluruh negara berebut aliran FDI (Foreign Direct Investment),” ucap Daffa.

Baca Juga  Ketua DPD RI Berharap Pasar Wage di Nganjuk Jadi Percontohan Nasional Bebas Bahan Berbahaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *