oleh

Istiqlal, Sebuah Role Model Digitalisasi Ekosistem Usaha Berbasis Masjid

JAKARTA.OKEYBOZ.COM – Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) melalui Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “IstiqlalPreneurship dan Pemberdayaan Umat: Memperkuat Digitalisasi Ekosistem Usaha Berbasis Masjid” (8/12/2020).

Webinar yang diawali dengan mengelilingi kawasan potensi usaha Masjid Istiqlal ini menghadirkan Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA; Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; Komisaris Utama PT. Paragon Technology and Innovation, Dr. (HC). Dra. Nurhayati Subakat, Apt; CEO Gerakarya Group dan Wasekjen DPP REI, Ahsanul Haq, serta VP of Collaborative Commerce DOKU, Rachma Fitria Kandini.

Turut hadir juga dalam acara ini Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satria, Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat, Laksamana Pertama TNI (Purn) Dr. Asep Saepudin dan pejabat di lingkungan BPMI. Acara webinar ini dipandu oleh Mulyono Lodji, M.Si, salah satu pengurus struktural BPMI.

Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa Masjid Istiqlal berupaya untuk meniru Masjid Nabawi dalam mengoptimalkan fungsi dan peran masjid.

“Sudah waktunya merubah paradigma, dari umat yang memberdayakan masjid menjadi masjid yang memberdayakan umat,” tegas Imam Besar Masjid Istiqlal yang juga menjabat sebagai Ketua Harian BPMI.

Sebagai keynote speaker, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengapresiasi Masjid Istiqlal yang mengangkat masalah ekonomi umat tidak hanya ibadah mahdhah.

“Potensi 700.000 masjid di Indonesia sebagai market place menjadikan masjid memiliki peran sebagai titik sentral pemberdayaan umat berbasis UMKM dan Istiqlal bisa menjadi role modelnya,” ungkap Teten dengan antusias karena dapat berkunjung dan melihat secara langsung potensi usaha di Masjid Istiqlal.

Untuk itu, lanjut Teten, dalam urusan digital marketing Masjid Istiqlal harus dibantu agar marketnya tidak diambil pihak luar apalagi ekonomi syari’ah sudah naik dan hanya butuh empowering saja.

Baca Juga  HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *